Sedikit Pemikiran Untuk Kota Panggul ku

Terdengar kabar dari beberapa teman yang ada di kota Panggul, bahwa Pantai Konang akan di eksploitasi di ambil biji besinya, kota Panggul memang kaya akan sumber daya alam.  Entah perusahaan mana yang akan mengeksploitasi tempat ini, informasi yang saya peroleh masih belum cukup jelas, yang jelas suara masyrakat kota Panggul menolak setelah mereka berdemo di kawasan pantai tersebut.

Kalau di lihat dari dua sisi sebenarnya ini punya peluang yang bagus untuk meningkatkan ekonomi masyarakat Panggul.

Apabila proyek ini dikembangkan dengan cara yang benar dengan mengedepankan keselamatan lingkungan dan ekosistem pasti dapat menyumbang pendapatan devisa negara dan meperbaiki pendapatan masyarkat sekitar karena menyerap banyak tenaga kerja. Dangan persyaratan pengelolaanya harus orang dalam negeri atau bukan investor asing, sehingga kekayaan sumber daya alam indoneisa dapat di nikmati sepenuhnya oleh orang pribumi sehingga penjajahan modern tidak dapat terjadi dan kemakmuranpun dapat di rasakan oleh masyarakat , tapi yang saya pertanyakan apakah SDM kita siap ?? saya kira siap, banyak akedimisi  dalam negeri yang mampu mengelola smber daya alam di negeri ini. Dengan di topang perguruan tinggi yang bertaraf internasional maupun nasional  yang mampu mecetak pemuda-pemuda yang hebat di bidangnya.

 Tapi kebanyakan ekslpoitasi tambang seperti ini setelah berakhir operasionalnya menyisakan banyak persoalan mulai dari rusaknya infrastruktur jalan akibat di lewati truk bertonase berat, sampai abrasi yang siap mengancam dan juga relokasi rumah warga yang masuk area eksploitasi. Belum lagi pencemaran udara yang di hasilkan dari kegiatan operasional yang di hasilkan dari cerobong asap pabrik maupun dan kendaraan operasional, yang semakin banyak meyumbang korbdon dioksida ( Co2 ) yang membahayakan lapisan ozon.

bukannya kita saat  ini terancam pemanasan global atau perubahan cuaca yang jelas-jelas  sudah mengancam di depan mata…!!! Bukannya alam marah kepada kita kalau kita tidak  bisa mnjaga dengan benar!!

Pikirkan…!! Selamatakan bumi untuk generasi anak cucu kita nanti.

Lihat saja apa yang terjadi di pantai tetangga yang masih dalam satu provinsi, yaitu pantai selatan Tulunggagung. Keruskan lingkungan yang di akibatkan dari eksploitasi tambang tersebut sangat memprihatinkan bukanya masyarakat tambah sejahtera tapi malah menyisakan persoalan. Baca informasi selengkapnya di sini. http://www.antarajatim.com/lihat/berita/57839/pantai-selatan-tulungagung-rusak-parah-akibat-penambangan

kalau memang niat ingin mensejahterkan masyarkat kota Panggul, kembailikan pantai ke fungsinya yaitu sebagai daerah tempat pariwista, bukannya pemerintah beberpa tahun yang lalu mengkampanyekan visit Indonesia 2008.

Saya kira, saya lebih setuju kalau tempat ini di kembalkan ke fungsinya, yaitu pantai sebagai obyek wisata.  Tinggal mencari siapa yang mau menanamkan modalnya di tempat ini, dan rencanakan bagaimana cara pengembangannya, karena pantai ini memliki area yang sangat luas untuk di manfaatkan. Dengan mengandeng Pantai Pelang maka kota Panggul akan memiliku dua aikon sebagai penggerak ekonomi masyarakat.

Realitasnya, kalau targetnya adalah para pengunjung entah itu turis local atau macanegara, pastinnya mereka mebutuhkan hotel, restaurant, atau tempat-tempat yang menarik untuk membuat para wisatawan betah berada di tempat ini.

Dari pembukaan sektor usaha tersebut kalau di kalkulasikan, pasti bayak menyerap tenaga kerja, kesejahteraan masyarakatpun juga meningkat dan juga masih banyak lagi keuntungan yang di dapatkan.

Tinggal bagaimana memperbaiki jalan akes masuk ke kota Panggul, yang saat ini proyek pembangunanya macet total. Karena jalan merupakan factor utama dari penggerak perekonomian.

Iklan

2 respons untuk ‘Sedikit Pemikiran Untuk Kota Panggul ku

Monggo pinarak?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s