Yang Tak Terlupakan Zaman SMA

Di Hukum Gerak jalan @NotedCupu

Di Hukum Gerak jalan @NotedCupu

“Masa-masa paling indah, masa—masa di sekolah,’’ Emboh Sopo. Kalian pernah sering denger lagu itu kan? Kalau pas gue denger lagu itu, entah dimana saja tempatnya, gue langsung menghayal, yang ada di kepala gue isinya mendadak penuh dengan kenangan: sumpah rasanya pengen balik ke mesin waktu, gue pengen balik ke sekolah, pengen balik lagi jadi anak SMA, tapi sayang gue gak kenal sama Doraemon, jadi sayang gak pakek banget, gue gak bisa minjem alat dari Kantong Ajaibnya embah Doeraemon. Kenapa gue panggil embah? Karena usia Doeraemon lebih tua dari gue, Yupp…!!! Bener banget apa yang di katakan sepucuk penggalan syair lagu itu, emboh lagune sopo kui aku lali. Jaman merdeka itu dimana gue masih  sekolah, beda sama jaman sekarang, mayoritas otak gue di jajah sama masa depan. Puncak tertinggi menikmati kenangan sekolah itu adalah dimana gue masih makek seragam abu—abu.

Kalau mengingat jaman SMA itu sama halnya bertemu dengan kenangan. Ada banyak banget kenangan-kenangan bejat, yang nanti bakal gue ceritain  ke anak—cucu gue, gue berharap anak cucu gue entar, bisa senyum—senyum bahagia dengerin dongengan gue. Ketika gue gak bisa memberi materi yang bikin hidup bahagia, se-egaknya gue masih punya cadangan lain yang bikin mereka bahagia,  cadangan itu, gue bisa kasih pemantik buat senyum mereka nanti. Jaman seragam abu-abu itu puncak dari kenakalan gue. Yang gue sebut tentang kenangan bejat itu adalah, kenakalan yang buntutnya gue terjaring  razia lalu di ciduk sama petugas KAMTIP BP di sekolah.  

Jaman SMA gue, gue belum tahu banget sekolah itu wujudnya seperti apa, wujud? Emang sekolah ada wujudnya Den?. Oke, Oke….! Gue jelasin dikit!  

Maksud gue itu, gue paling gak betah kalau lama-lama di dalem kelas, paling lama cuman puluhan  menit doang. Kalau ada yang perlu di tanda tangani, ya di tanda tangani, maksudnya tanda—tangan ABSENSI KELAS!!!.  Gue sering ninggalin jam pelajaran, sisanya waktu gue habiskan di lapangan. Calon pemimpin ya harus seperti itu, ruang kelas itu menurut gue berasa seperti kantor, dan gue gak betah lama-lama duduk-duduk di meja. Gue keluar bergeriliya dimana-mana seperti Pak Jokowi DODO!!!!.

 Menurut gue bolos itu sudah menjadi kebutuhan  primer setiap hari. Baju seragam gue gak pernah gue masukin, selalu acak-acakan seperti muka gue, celana seragam sekolah gue ber-genre pencil, yang semakin ke bawah semakin kecil, ending-nya pas gue kebelet boker, gue susah lepas celananya!!! Yakin banget jaman itu gue seperti anak-anak ABG labil yang lagi nongol di  goyang #Lalala_yeyeye. Cuman kalau yang lagi nongol di goyang #Lalala_yeyeye itu sejenis spesises alay yang lagi abis di sunat, kalau gue gembel sekolah yang rutin ngemper di depan ruang perpustakaan  depannya lapangan basket, gue di situ duduk-duduk sambil lihatin guru olah raga baru, yang lagi senam, yang bodinya 11… 12… sama OKY LUKMAN. Yup…!!! Itu cuplikan kelakuan bejat gue pas lagi jaman SMA, selengkapnya gue AL-jabarin.

Masa SMA itu BIKIN KANGENNNN….!!!!

  • Kangen dimana masa-masa masih makek Seragam Abu-abu, kangenya itu belum mikirin KREDITAN RUMAH!!!
  • Kangen dimana masa-masa masih makek seragam biru putih, kangenya itu belum mikirin CICILAN KULKAS!!!
  • Kangen dimana masa-masa masih makek seragam pramuka, kangenya itu GUE NEMBAK CEWEK DI TOLAK M-E-L-U-L-U!!!!.

Baiklah, gue AL-Jabarin, kelakuan bejat gue jaman SMA yang tergolong bukan kenakalan eceran. Cekidot, there are you staytoon in @NotedCupu~~~YUkk Mariiii Booooo *Lidah kesleo* *Benerin Sarung*

1. Suka Loncat pagar

Jika di KPK ada  istilah Jum’at keramat, dimana istilah ini membuat bulu kuduk merinding buat politikus  bermoncong  SAPI TIKUS yang hidungnya HOBYY NGENDUS-NGENDUS uang alias mata duwitan. Maka dalam kamus perjalanan gue, selama menjadi anak SMA, gue juga punya hari keramat.  Mungkin hari keramat ini adalah hari yang tidak di harapkan dilahirkan  bagi kaum “Peloncat Pagar Belakang Sekolah”.  Senin Keramat namanya,   Selama gue sekolah di SMA, gue BENCI yang namanya hari SENIN. Hari senin itu menurut gue hari paling nyebelin,  bin menjengkelkan. Kenapa gue benci hari senin?. Baiklah, gue kasih contekan lewat #NotedCupu Edisi Yang Tak Terlupakan Zaman SMA ini, tapi tolong jangan di sebarin kemana-mana karena ini jenis #NotedSesat yang mencoba gue bikin.

 Bencinya itu, dimana hari senin itu telah terjadi penjemuran MASAL di lapangan basket, semua kelas satu sampai kelas tiga di wajib-kan ikut upacara. Terjadi unsure pemaksaan disini, cobak deh, kalau ada siswa yang alergi sama sinar matahari? Kan berabe urusannya, boro-boro mau ikut upacara, eh– endingnya nyusahin sampai akhirnya harus di tandu di bawa ke ruang UKS, kalau gue yang bawa tandunya pasti udah gue lempar ke lapangan parkir. Tapi, kalau yang sakit semacam mirip Gita Gutawa, gue bakal betah nandu keliling komplek sekolah.

Dan kalian ngerti kan? Syarat ikut upacra itu seragamnya kudu gimana?. Harus lengkap, mulai dari bawah sampai atas, kudu mesti rapi secara Penampilan. Dan kalau di suruh upacara gue paling males!. Bukan kok gue, gak mau menghormati bendera merah putih. Tapi kalian ngerti kan, kalau gue itu alegri berpenamlian….. AH… gak usah di cebutin!!  Iya,  gue gak punya dasi sama topi, ujung-ujungnya kalau gak pakek topi, gue takut kena sinar matahari, takutnya itu kulit gue berubah menjadi eksotis. Gue juga trauma, selama dua tahun berpenampilan rapi, selama dua tahun itu pula gue nembak adik kelas di tolak melulu. gue frustasi berpenampilan rapi waktu jaman SMA. Makanya sampek jaman sekarang kuliah, gue gak pernah setrika baju.

Pernah suatu hari senin, pas gue bolos gak ikut upacara, entah udah bolos yang ke berapa, yang pasti kalkulator gak bakal bisa menghitung. Jaman kelas dua dulu, gue bolosnya dengan Ucup, temen sekelas sekaligus soulmate gue, meskipun kemana-mana gue slalu sama Ucup, gue pastiin dari sekarang Ucup bukan tunangan gue. Gue bolos upacara juga tahu aturan, kalau yang lain pada mulai baris di lapangan basket, buat siap-siap upacara, gue alesan kencing ke belakang sama Ucup. Sehabis gue naruh tas di dalam bangku kelas, guru BP yang piket waktu itu, nyuruh gue sama Ucup untuk segera ikut berbaris di lapangan basket,

 “H-A-Y-Ooooo…!!! Cepet kelur, Cepat sana ke lapangan, kalian berdua ini, masih aja harus nunggu “komando,’’ teriak Guru BP, Pak Kasman namanya yang berdiri di samping pintu kelas.

“Bentar Pak, ini masih makek dasi,” saut gue,

“Pak…. Gue kebelakang dulu, kebelet ini” ujar Ucup menimpali sambil kedua tanganya pegang itu anunya. Dalam ke adaan berdiri ke dua lutut Ucup keder-keder kayak mau kena serangan penyakit Kudis. Tahu kan maksud gue, anunya? Iya itu anu…. Anu….!!! Ucup kemudian lari ngibrittt ke belakang sambil tangan kanannya megang resleting celananya. Lalu Pak kasman pecaya begitu saja.

 “Iya udah cepat sana ke belakang,” ujar Pak Kasman berlalu meninggalkan kelas gue. Startegi pegang anu ini berkali-kali kita pakek buat mengelabuhi guru BP yang lagi piket tiap hari senin. Setelah itu, suasana sudah aman, dan Pak Kasman udah pindah ke kelas lain, lalu kelas gue terbebas dari razia, gue bergeriliya nyusul Ucup ke belakang: Dengan menjujung kode etik setia kawan, Ucup rela nunggu gue di kamar mandi buat bolos bareng-bareng. Ucup rela hidungnya di madu, yang sebelah kiri ngisep oksigen, dan yang sebelah kanan ngisep Karbondioksida (semacam bau urin campuran jengkol) Kebetulan, di belakang kamar mandi itu pagar sekolah, meskipun pagar setinggi 2 meter, gue sama ucup udah terbiasa loncat indah di      pagar ini. “Udah Lu duluan deh Cup, kalau udah sampek di balik pagar, tugas Lu ngawasin?” pesan gue ke Ucup.

 “Gue kudu Gimana Den!!”

“Ya, Lu tengok kanan—kiri gitu doooOOOOODOOLLL!!!!, buat ngawasin!” gerutuu guee.

Dengan postur tubuh yang menjuntai, Ucup dengan lihai menaiki pagar setinggi 2 meter. Sedangkan tubuh gue yang…. Ah… Gak usah di sebutin. Gue merasa susah payah buat mendaki, susahnya seperti orang mau move –on, eh, tapi mantan masih ngasih kode buat ngajak balikan.

“Udah aman Den, buruan Lo, naik” terdengar sayup-sayup suara ucup di balik tembok pagar. “Iya, cup tunggu gue”. Kalau inget kejadian ini, gue nyesek. Nyeseknya itu, gue udah  lama banget gak ketemu dengan senyum merdeka gue. Nyeseknya lagi, pas gue udah naik di atas pagar ternyata Ucup dah gak ada, setelah gue tengok ke bawah, ternyata pemandangan mengerikan yang gue lihat: Pak Kasman ternyata udah nunggu gue di balik tembok, sambil berdiri guru BP itu bilang, “Sendirian?” tanya Pak Kasman . “Iya, Pak gue sendirian….. “

“Mau lari kemana lagi kamu, ayo turun” tegas Pak Katman sambil tanganya nunjuk gue.

“Sebagai ganti, kamu gak ikut Upacara, nanti bersihin WC Yah?”

Kali ini pelarian gue selama dua tahun lebih harus berakhir dalam hitungan menit, gue terjaring Operasi Tanggkap Tangan, dengan kata lain gue gak bisa mengelak. Sejak saat itu gue putus hubungan dengan Ucup. Ternyata Ucup gak setia sama gue, gue di tinggal begitu aja tanpa ada kejelasan. Asal lo tau aja Cup, disini gue setia, meskipun lo ninggalin gue, lo lari sendirian, tapi lo gak harus merasa sendiri. Sehabis Operasi Tanggkap Tangan itu,  gue tetap jaga kode etik setia kawan kok, gue gak ngaku kalau waktu loncat pagar itu gue sama lo—-gue ngomong sama Pak Katman, gue bolos SENDIRI!!!!. Mungkin waktu itu, lo udah ada firasat kalau pelarian hari senin itu bakal ada yang ngendus.  Habis ini gue bakal berisihin, bekas pipisan air kencing lo di WC kok Cup. Lo gak usah bersihin, cukup gue aja. Gue gondok ama lo Cup: Sahabat sejati itu seperti topi upacara, selalu setia meneduhkan dari teriknya sinar mentari.

 

2.SUKA BIKIN ALASAN!

“Maaf pak telat, habis Sholat tadi,  BOLEH MASUK PAKKKKKKK??” tanya gue ke guru di kelas sambil berdiri di samping pintu.

“Nah, nih…!!! Si Aden sama Ucup anak yang rajin, kalian tiru mereka berdua ini,” Puji Pak Kasman ke kita. Temen-temen di kelas pada girang sama kita, saking girangnya ada yang sampek tepuk tangan sampai tuju kali booo…. Di kira lagi Pramuka kali cyinnn!!!.

 Gue malu di katain begitu di depan temen-temen sekelas. Pujian itu hanya membuat gede kepala, gue paling gak senang di puji, kecuali kalau di puji Ganteng, pasti yang muji langsung gue cium. Saat sehabis jam istirahat selesai, dimana ritual siang itu gue udah selesai menghabiskan makanan yang di suguhkan di kantin. Habis itu, gue ngibrit pergi ke masjid sebelah timur sekolah bareng Ucup, gue dengan Ucup sengaja pergi ke masjid yang jaraknya paling jauh sendiri dari Sekolah. Siang itu, selain menanfaatkan waktu untuk menunaikan sholat, gue manfaatin juga buat bikin alasan  “Telat Masuk Jam Pelajaran”.  Dengan begitu, guru yang ngajar percaya sama gue, padahal gue sehabis menjalankan ibadah sholat, terkadang gue istrahat di teras masjid sambil rebahan. Manusia memang hobby bikin alasan, dan setiap alasan mengandung resiko, resiko di percaya atau resiko di abaikan.

Ini foto gue pas lagi berpose di Majid yang gue certain tadi, obrak—abrik leptop untung masih ada:

Pas Lagi Bolos di Majid. @NotedCupu

Pas Lagi Bolos di Majid. @NotedCupu

3. Selalu  GAGAL PDKT!!

Setiap gue melakukan pertemuan pertama kali dengan calon target gebetan gue, gue selalu gak percaya diri. Entah kenapa, kalau deket sama cewek gue gak bisa ngomong seperti calo penjual tiket yang ada di Senayan sana. Gue selalu gerogi, kalau sudah gerogi, gue bingung mau ngomong apa.  Sampai akhirnya keringat dingin gue keluar bercucuran, lutut gue jadi keder-keder kayak habis kena setrum tegangan sutet. Lalu mulut gue keluar busa. Pernah suatu siang, pas jam istirahat,  gue bikin janji ketemuan sama Adik kelas, gue janji buat nyamperin di kelasnya, gue ngobrol lewat samping kelasnya: Kepala gue, gue masukin ke dalam jendela. Namanya Marni.

“Kamu tadi jam pertama yang ngajar siapa?”

“Pak Kasman!!! Jawabnya singkat  

“Gimana ngajarnya, lucu gak”

“Biasa aja sih…!

“Entar pulang aku anterin Yuk?,” gue berusaha nawarin jasa.

“Aku pulang udah ada yang nganterin kok?”

“EMang siapa?”

“Mas KASMANNNNNNN!!!”

Habis denger jawaban itu, gue pergi ke parkiran, di parkiran itu gue nyari motor butut miliknya Pak Kasman. Setelah ketemu, knalpotnya gue isi batu kerikil, sama gue masukin sebotol kecap manis. Biar kalau setelah di dinyalain keluar asapnya. Tujuan gue adalah, bikin Motornya MOGOK! Pokoknya Marni jangan sampai Bareng sama Si Kasman….. KWAKK—KWAK—kWAK……. *gebukk—gebukk…dada.

Catatan buruk  soal urusan PDKT gue semakin merah. Marni sudah kesekian calon gebetan gue yang kandas di rerumputan, contoh di atas menunjuk–kan kalau gue emang gak bakat punya gebetan. Selama gue jadi anak SMA tiga tahun itu, gue selalu… … … Ah… Gak Usah di bahas. Cinta memang harus di kejar, cinta harus di samperin, sebelum di serobot orang lain, kejarlah!!!!. Jatuh? Lalu di guyur air hujan? “Bolehkan aku jadi payung, menyelamatkanmu dari hujan kenangan!!!.

Udah, sementara itu aja postingan gue kali ini, dan terimakasih #Cupuer’s yang udah baca tulisan gue kali ini. Gue berharap tulisan gue bisa jadi pemantik buat senyum kalian. Pesen gue,  yang masih makek status anak SMA, bandel boleh asal otak kalian encer. Bandel tapi berprestasi itu cakep. Setiap detik moment bahagia yang ada di bangku SMA, cobak deh lo abadikan. Saat tua nanti kalian bakal rindu moment itu. *Nangis Di Pojokan*…

Twitter: Boedi.S. Totoraharjo ‏@NotedCupu

Facebook: Budi Santoso Totoraharjo

NB CUpuer’s: Yang punya cerita tentang Kenangan Jaman SMA, bisa di Share di KomenBOX!!!.

Maaf, baru ngepost. Lely (nama Leptop gue)  kemarin sakit, ini baru sembuh.

Iklan

One thought on “Yang Tak Terlupakan Zaman SMA

Monggo pinarak?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s