Lidah Gue Gak Bisa “Transmigrasi”

@NotedCupu

@NotedCupu

Yang habis jalan-jalan ama gebetanya, ciye…  seneng amat kayaknya, bentar lagi juga bakal putus. Percuma kalian punya gebetan, terus ketika lo ajak muter-muter keliling kabupaten tapi belum dapet restu dari orang tua, pasti gak bakal tenang perjalanan asmara kalian. Model pacaran seperti ini biasanya sering ngumpet di warnet, dengan alasan ngenet bareng ngerjain tugas dan berbekal uang dua ribu perak, mereka merasa sudah aman dari kejaran Calon Mertua. Padahal ternyata, sang pemilik warnet ternyata ketua Satpol PP,  ending-nya yang terburuk, kalian bakal di gerebek, tragis memang, ke esokan harinya berita Headline News di Koran: Cintaku berujung di bak  truk. Udah Jomblo aja.

 Selama gue masih Jomblo, gue akan selalu rutin mengintimidasi sejoli yang bergandengan tangan. Gue akan selalu membela  para gembel–asmara, baik kan gue? Yup… bener banget. Gue gak rela kalian tiap malam minggu nonton di biskop, sedangkan gue nonton di kamar sendirian di temani sama galon dan dispenser. Tenggang rasa kalian sepertinya mulai terdegradasi, gue harap entar pas gue udah lulus, semua kampus di Indonesia menambah Jumlah SKS untuk mata kuliah PKn—yang semula 2 SKS (Sistem Kredit Semester) gue harap jadi (Sistem Tunai Semester), kuliah gak jaman main kredit-kreditan, kalau bisa di rapel aja semua SKS.  Entah ini apa hubunganya, gue juga gak ngerti!!!.

Bahkan, gue udah berkali-kali berobat ke kediaman Eyang Makmur buat dapet trik memikat hati cewek, disana gue di jampi-jampi,  beruntung disana gue gak di suruh minum air kobokan.  Sehabis gue pulang dari rumah Eyang Makmur, bener aja… banyak yang nguber-nguber gue… ternyata yang nguber—nguber gue gerombolan ibuk—ibuk tetangga komplek sebelah, buat nyuruh di carin pembantu.  

 Gue baru nyadar,  jampi-jampi pemberian Eyang Makmur gak bikin gue jadi subur soal urusan asmara. Kenyataan berkata lain, gue baru nyadar  kalau pergi ke dukun dan ngasih tips… adalah munculmya penyakit dehidrasi isi dompet. Tahu gitu, gue pergi ajak ke kantor Penggadaian: Mengatasi Masalah Tanpa Masalah. Emang hati bisa di gadain Den?. Gak bisa, paling cuman bisa di Madu, abis itu lo bakal di santet ama gebetan lo, udel kalian bakal di susupi lemari.

Malam ini, berutung gue gak mojok di kamar sendiri seperti malam-malam minggu sebelumnya. Malam minggi ini, gue kedatangan sohib gue bernama Ucup yang kuliah di UB-Malang. Gara-gara kedatangan Ucup, gue dapet inspirasi buat nulis di blog ini. Ucup ini, masih satu kampung halaman dengan gue. Sama-sama bermigrasi ke kota untuk tujuan yang sama. Cuman bedanya kalau status Facebook–nya Ucup #LDR-ran dengan Marni—sedangkan gue—Menjalin hubungan tanpa status. Ucup ke Surabaya karena abis menjadi panitia seminar, emboh opo temane. Sekaligus buat ketemuan dengan Marni. Ucup pelaku LDR, gebetannya berasal dari kampung halaman yang sama, cuman beda gang… beda RT… dan beda kelurahan. Ucup hatinya sudah bermigrasi, sedangkan gue masih terdampar di pulau gara-gara kapal lautnya pecah ban.

Kemarin sore gue shock, baru mulai melakuan ritual hibernasi—semacam ritual tidur panjang di malam minggu. Gue terbangun lantaran, ada sms yang masuk. “Den lo dimana, gue sekarang di Sby, jemput gue di Restoran Mutiara belakangnya Samsat” tulis Sms Ucup ke gue.  Berhubung di pesan itu gue mencium aroma Restoran, gue langsung tunggang langgang ambil kunci motor buat Nyusul ntuh Bocah.

Tanpa cuci muka, muka gue yang sepet abis bangun  tidur, gue langsung tancap gas menaiki bebek hitam gue, “Beres Cup, tunggu sebentar 10 menit juga sampek” balasan SMS gue ke Ucup. Sesampainya disana, gue di sambut dengan penuh pemadangan yang bikin ngiler, aneka jenis makanan kini berada di depan mata gue. Pemandangan ini sangat langka sekali menurut gue, selangka lihat jupe pas makek bikini pergi ke bang—gara-gara kartu ATM-nta ketelen. Melihat makanan yang bergeletakan di atas  meja,  yang di hidangkan dengan kelas VIP,  iler gue tumpah satu gallon.

“Nih, buat lo Den… Lo cari tempat duduk, langsung lo makan aja,” Ucup nyodorin nasi kotak ke gue.

“Lha… terus lo gimana Cup, Lo udah makan belum?”

“Gue udah makan, buruan di habisin habis ini pulang ke kosan lo”

Tanpa basa-basi gue langsung membabi-buta penuh nafsu memangsa makanan yang di tawarkan Ucup, dengan mental beringas, dalam hitungan menit ntuh makanan gue telen tanpa ampun. Yakin, banget orang-orang sebelah gue yang ngelihat cara gue makan, pasti gue di kira orang yang baru di selamatkan dari gurun pasir. Setelah selesai makan dengan lahapnya, gue ambil selembar tisu yang ada di meja makan buat ngusap mulut gue yang jontor akibat bekas kaldu rendang ayam kampung. Gue juga enggak minta makanan buat di bungkusin, paling kalau suasaa udah agak lengah… gue beresin semua yang enak-enak, gue masuki ke kantong plastic… lumayan, gak beli makanan selama seminggu!.

“Makananya enak Cup, Eh ngomong-ngomong ini minumnya mana?” tanya gue ke Ucup.

“Bentar gue ambilin Den…  mau minum apa? Teh apa Kopi?”

“Kopi aja Cup”

“Iya den… Tunggu bentar!!!”..

Dalam hitungan sekejap, secangkir kopi sudah ada di meja gue. Sore itu hidup gue penuh dengan jamuan. Yang semula Ucup hanya sebagai Sohib gue, kali ini gue akan balas jasa… Gue akan angkat Ucup jadi….. pelayan gue. Semoga dengan pra-jabatan ini Ucup lebih melayani dan mengayomi gue ketika bermigasi ke Surabaya.

“Eh.. Cup.. Nih, Kopi pahit gini, mana gulanya?” gerutu gue…

“Yang bener lo den… “ Ucup menyangkal.

“Cobak deh… punyakmu lo minum?”

“Err….gr…um… um… Bener Den, PAHIT!!!”

“Oyaa… Gue lupa gak ngasih gula, tadi abis ambil di dispenser langsung gue bawa kesini,”

“Iyaa….. itu gulanya… ngasih sendiri Cup, gak dicampur lalu di sedu bareng kopi, gula ama kopi di pisahin,” gue mencoba ngejelasin ke Ucup

“Iyaa gue tahu Den.. Kalau itu, bentar gue ambilin gulanya,”

Setelah tiga sendok teh gula mendiami secangkir kopi gue, rasanya tetap saja nihil. Pahit, entah ini semacam kopi jenis apa”an gue gak ngerti. Yang ada biasanya, pas ketika gue nyedu kopi di rumah—kampung halaman, gue kasih satu sendok gula aja manisnya selevel mantengin foto Gita Gutawa. Mungkin karena latar belakang lidah gue yang gak mau “bermigrasi” menikmati kopi jenis orang bangsawan. Lidah gue tetep sederhana, toh gue bangga dengan latar belakang gue. Kalau dengan sederhana saja bisa bikin hidup bahagia penuh makna, kenapa enggak?.

Jauh-jauh hari sebelumnya, gak cuman kopi aja yang ngebikin gue kaget soal urusan perut. Besar kemungkinan, lidah gue terdoktrin untuk gak berpaling dari yang namanya makanan/minuman local. Ternyata soal ketetapan gak cuman menempel di hati, tapi juga di lidah. Lidah gue tetap stuck di pilihan yang sama, selalu setia…. Sama halnya seperti hati gue.

******************************************************************

 

Pernah suatu ketika, sore itu sehabis, gue pulang kuliah. Sehabis gue berteduh dari langit yang yang sedang senja. Gue masuk rumah, di meja ruang makan gue di sambut pemandangan indah, dua porsi roti tergeletak di atas meja makan. Karena dalam ke adaan perut beringas, tas ransel gue masih menempel di bahu,  gue langsung membabi-buta membuka bungkus roti yang isinya belum pernah gue lihat itu. Pas gue gigit…… Anjrit, rasanya bukan sejenis roti isi selay, serasa roti isi sandal jepit yang baru keluar dari cetakan pabrik.

Lalu gue tanya sama tante gue yang namanya Marni, “TanNNTEEEE…!! ini tadi roti isinya kok bukan selai, roti isinya kok gak wajar gini, bukan roti habis kena santet kan?” Tanya gue penasaran. “Itu yang namanya Burger… Den!” Jawab Tante Marni.

 Gue masih bingung, apa hubunganya roti, sayur sama daging… lalu di kemas menjadi satu hidangan. Jika di beri pilihan antara roti burger dengan kue getuk… maka pilihan gue mendarat di kue getuk singkong….. bukan KINGKONG Kampret!.

Gak cuman burger, sebagai anak rantaun lidah gue juga gak pernah cocok dengan makanan yang sejenis–yang masih dalam keturuan garis lurus antara  roti—daging—di padu dengan caos. Makanan ini berasal dari negera Eropa sana. Pertama kali gue makan ini makanan, gue girang banget… segirang pas lagi jalan-jalan di trotoar tahu-tahu nemu emas batangan. Malam itu di kantor tempat gue magang menjadi Reporter, diadakan rapat… rutin tiap rapat slalu deliveri jenis makanan asal benua Eropa ini, gue gak habis pikir, makanan orang Eropa kok sampek di Indon, bayangin aja, secara kultur aja kita udah beda ama negara tetangga apa lagi negeri yang jauh disana… yang jelas makanannya aja juga udah beda,  Tapi apa daya, gue sebagai penghuni kamar sewaan terlalu mengedepankan prinsip medit berbasis syariah,  dimana di awal harus berkomintmen untuk berbagi logistic sesama Aliansi Anak Kos-kosan, hal itu yang memacu gue untuk meringkus makanan yang ada di atas meja rapat. Iya, gue rakus… itu lebih mulia dari pada mati kelaperan di  lumbung padi.

Yup…. Untuk sementara itu aja postingan kali ini, Berhubung Surabaya-Malang itu agak lumayan jauh jaraknya, Kemarin, Ucup memutuskan bermalam di kamar gue. Menjelang waktu sudah larut malam, dan Ucup sudah terlelap tidur, gue gak terima, Ucup udah duluan Punya gebetan…. Dalam keadaan tidur gue lempar ucup ke kolam buaya belakang kost–san.

My Twitter: Boedi.S. Totoraharjo @NotedCupu

My Facebook: Budi Santoso Totoraharjo

NB: Buat, kalian temen-temen yang punya cerita pengalaman kayak di atas bisa di share di KOMEN BOX!!!.

Iklan

10 thoughts on “Lidah Gue Gak Bisa “Transmigrasi”

    • boedipanggul berkata:

      Sebelumnya… Gue ucapin Dulu… Termakasih karena lo udah ngebaca notedcupu gue.

      Emang tulisan gue lucu gitu?. Serius? Wahhhh… *nari baletttttttt sambil pakek sarung.

Monggo pinarak?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s